Dewasa ini sepertinya Sepeda motor matik sekarang semakin sering mudah dijumpai di mana-mana . peminat terhadap motor matic ini sepertinya sudah hampir menjadi salah satu pujaan baru di dunia sepeda motor di indonesia . bahkan menurut feeling saya kedepannya mungkin motor matic ini akan menjadi salah satu kandidat menjadi motor pujaan baru , selain dari motor bebek dan motor sport. nah Untuk menjaga supaya performa motor matic tetap prima, salah satunya adalah perlunya servis ringan secara berkala .
Berikut ada beberapa saran untuk merawat dan menjaga performa motor matik anda performa ;
- Sangat disarankan sebelum pergi mengendarai motor matik alangkah baiknya mesin motor dipanaskan dahulu , sekitar 1 sampai 3 menit, (jangan terlalu lama).
- Pada saat mengendarai motor, kita jangan terlalu sering melaju kecepatan dengan intensitas tidak stabil (nge gas , kemudian tutup gas dengan cepat atau istilahnya digerung-gerung ) . mengapa ?? karena kalau anda berkendara dengan cara seperti itu berarti anda tidak sayang dengan motor anda dan dapat memperpendek usia mesin .
- sebaiknya jangan membiarkan bensin sampai habis didalam tank , usahakan dilebihkan mengapa ?? karena biasanya kotoran-kotoran dalam tank bensin sering terbawa ketika bensin didalam tank hampir habis dan jangan mengisi bensin di pedagang eceran ! .
- selalu Mengganti oli transmisi (oli gear box) motor maksimal setiap 5 ribu km dan oli mesin secara berkala setiap 5000 km(untuk pemakaian wajar, namun untuk pemakaian setiap hari dengan jarak tempuh agak jauh sebaiknya jangan menunggu 5000km untuk mengganti oli , sebulan sekali dianjurkan ).
- Selalu memeriksa kondisi busi dan aki. Sebab, kedua perangkat tersebut membuat motor matik bertenaga . Apabila aki atau busi sudah tidak berfungsi segeralah diganti dengan standar busi pabrik (biasanya merk standar pabrikan NGK)
- Nah ini yang paling penting harap diperhatikan juga memeriksa kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika sudah ada yang peyang di roller disarankan segera ganti , begitu juga dengan vent belt apabila sudah ditemukan banyak retakan dan terlebih lagi sudah longgar sebaiknya diganti.
- Selalu perhatikan ruang bagian kopling (transmisi), di ruangan transmisi terdapat komponen yang rentan kotoran. Bersihkanlah ruang transmisi minimal 2 bulan sekali , terlebih lagi apabila kebanjiran pasti air masuk kedalam , harap segera dibersihkan.
semoga bermanfaat
0 komentar:
Posting Komentar