Sabtu, 13 Juli 2013

Mendadak BBM

Kita tiba-tiba mendadak indonesia ketika harga BBM akan dinaikkan oleh pemerintah. Meski belum pasti, aksi penolakan begitu keras sampai-sampai para mahasiswa yang (katanya) memperjuangkan nasib rakyat harus berjibaku dengan hadangan aparat dan penolakan masyarakat.

atau jangan-jangan, seperti halnya para artis yang tiba-tiba mendadak jadi politisi, kita salah menggunakan momen ini untuk mendadak menjadi indonesia. Atau jangan-jangan kita mengidap penyakit bingung bernegara, meraba-raba dalam pekat. lalu kita mencoba main-main dadu dengan mengangkat para wakil rakyat yang bertingkah seperti selebriti itu menjadi pemimpin, menjadi negarawan yang konyol. Dan kita dengan rela menyerahkan nasib di tangan mereka.

atau jangan-jangan kita barangkali belum pernah mengenal baik siapa diri kita, dan tanah air yang juga kita punya. jangan-jangan pahaman realitas bangsa kita masih  berupa bayang-bayang kabur, dan kita masih saja terus membuat sejarah eksperimen bernegara dan tak pernah selesai.

atau jangan-jangan saya dan anda telah terjangkit penyakit purbasangka yang over dosis. Atau jangan-jangan kita memang hanya punya bakat bersandiwara dengan menjadikan negara ini sebagai panggung untuk memainkan skenario politik busuk. atau jangan-jangan kita memang tak pernah serius memikirkan negara dan para pemimpin negeri ini tak pernah serius mengurus negara. atau jangan-jangan...

ah… saya jadi pusing memikirkan semua ini. bahkan tak cukup sanggup untuk menghayalkan sebuah negara yang bernama indonesia ini yang rakyat dan pimpinannya tidak saling menipu,  tidak saling memusuhi dan tidak saling membunuh. (**)

0 komentar:

Posting Komentar