Senin, 09 Desember 2013

Minggu Pagi, Mau ke Mana?

www.myinfrared.com

Oleh Hamba Moehammad

Selamat menyambut pagi dan selamat berakhir pekan.

Untuk suasana pagi sebelum matahari sepenggalan, mungkin anda sudah bersiap-siap dengan agenda masing-masing: memancing bersama keluarga di kolam belakang dapur/di sungai yang mengalir di bawah kolom rumah panggung anda, bersepeda bersama mantan pacar sembari menggosipi pacar masing-masing, jalan-jalan pagi bersama binatang kesayangan (anjing, kambing, kuda, kerbau atau unta), atau mungkin anda punya kegemaran memberi makan burung yang paling ada sayangi dari pada kucing kesayangan suami atau istri anda.

Selain pagi di hari minggu yang memang selalu dinanti, anda mugkin punya seabrek rencana bersama keluarga untuk menghabiskan waktu di pantai, atau sekadar janji ketemu dengan komunitas yang punya hoby olah raga tradisional misalnya, main kelereng, main egrang, petak umpet dan sejenisnya. Atau bila anda ibu rumah tangga, mungkin anda punya agenda arisan setiap hari minggu bersama tetangga atau kenalan dari luar negeri. Bila anda seorang suami, bersama rekan bisnis punya kumpulan para suami yang gemar menceritakan masakan istri yang kelebihan garam, atau seduhan kopi yang ditambahkan dengan garam, atau saling memamerkan kalau anda punya istri/pacar paling cantik di atara rekan-rekan anda. Dan masih banyak aktifitas lain di hari minggu.

Intinya, hari minggu adalah waktunya untuk melampiaskan aktifitas yang tak ada kaitannya dengan sekolah dimana PR yang berjibun, Kuliah dengan tugas presentasi dari dosen yang menyebalkan, tugas kantor yang kadang membuat maag dan darah tinggi kambuh, omelan bos yang bikin migrain, dan lain sebagainya.

Meski hanya sehari, hari minggu adalah hari yang spesial. Hari yang istimewa buat anda. Hari dimana anda sesaat merasa sebagai orang merdeka, orang yang baru selesai dari masa penjajahan rutinitas kerja, kerja, dan kerja.

Bagi anda yang tak punya hobi keluar rumah, mungkin anda hanya menghabiskan waktu seharian untu bermalas-malas di kamar tidur sambil menghayalkan artis idola datang bertandang ke rumah anda, atau membaca buku komik kesukaan anda yang sempat tertunda selama seminggu, atau mingkin menonton film kartun kesayangan di salah satu stasiun tivi favorit.

Namun satu pesan dari saya, hindari anak-anak anda dari memelototi berita gosip para selebriti yang lagi musim kawin cerai, atau berita kasus korupsi dan selingkuh para politisi yang lagi ramai menyewa jasa dukun jelang Pemili 2014 mendatang.

Lagi pula kenapa kita harus begitu sibuk dengan apa yang dialami para selebriti? Mereka yang cerai, lantas mengapa kalian yang memaki? Kenapa juga kita mesti menggerutu kasana kemari ketika politisi kedapatan mencuci uang? Mereka yang mencuci uang, kenapa kita yang basah kuyup tersungut-sungut?

Itu saja yang bisa saya sampaikan. Jika lebih, jangan pernah bosan menerima dan jika kurang, mohon ditambahkan. Semoga hari minggu anda menyenangkan, semoga akhir pekan anda berkesan. Hingga esok pagi, ketika anda hendak kembali melakukan rutinitas, anda punya semangat untuk menerima tatangan PR baru dari guru di sekolah, anda punya ide baru bagaimana menaklukan beban kuliah dari dosen, anda tetap cerah ceriah ketika menerima tumpukan tugas di kantor, dan anda puya hati yang selalu lapang untuk menerima omelan-omelan bos.

Sekian dan terima kasih. Wassalam. (**)

Makassar, 8 Desember 2013

0 komentar:

Posting Komentar