Senin, 18 Maret 2013

Negeri Para Maniak Gosip (1)


Negeri Para Maniak Gosip (1)

Oleh: Muhammad Baran

anda pernah menggosip, atau paling tidak anda pernah menonton tayangan gosip di tv-tv itu kan?  ah anda jangan coba-coba mengatakan tidak. anda akan dianggap manusia primitif alias manusia prasejarah yang nyasar dzaman kini. Anda bahkan akan ditertawai karena dianggap manusia  yang tidak up to date dengan perkembangan gosip terkini di republik ini.

yah kita adalah makhluk unik di negeri yang diperintah oleh pemimpin-pemimpin yang juga unik. di negeri yang dihuni spesies  manusia langka yang nyaris punah. Manusia penggosip dan penikmat gosip yang andal.  lebih tepatnya maniak gosip.

tidak usa malu-malu. akui sajalah. dari pejabat negara, sampai  rakyat yang paling miskin di pelosok dusun, hampir semuanya punya kebiasaan dan kelihaian  menggosip. untuk yang satu ini sepertinya kita memang dikaruniai  bakat alami oleh Tuhan.

"hari gini, tidak kenal apa itu gosip? tidak tahu perkembangan gosip terkini? apa kata nenek?"  begitulah barangkali nada meremehkan  spesies manusia unik di negeri yang terlanjur  menjadikan acara gosip  sebagai menu favorit sarapan pagi dan mengidolakan  para pelaku gosip sebagai panutan hidupnya ini.

tapi biar bagai manapun gosip tetaplah gosip.  terkadang meski tanpa menggunakan menu bumbu dan resep andalan, dia selalu punya penggemar sendiri. memang selalu ada  segmentasi penikmat  terhadap apa-apa yang bisa dinikmati . misalnya, ada penikmat olahraga ada penikmat film. ada juga penikmat rokok,  penikmat narkoba, atau penikmat seks.

Anda  tidak perlu malu-malu bila termasuk salah satu diantara  kategori maniak. apa lagi sampai  marah-marah, berunjuk rasa ke kantor DPR atau lapor polisi dengan alasan pencemaran nama baik. Lagian di negeri ini masikah tersisa nama baik?

Begitu juga dengan para maniak gosip.  ada yang menyukai  rasa yang pedas bombastis.  ada jugarasa melankoli dengan drama  isak tangis. ada juga yang menyukai aneka rasa; manis, asam, asin. yang terakhir ini mungkin terpengaruh iklan permen di tv. katanya, biar lebih rame rasanya.

Ada rupa-rupa merek gosip.  ada gosip politik. gosip kehidupan  selebriti yang katanya lagi musim  kawin-cerai. ada juga gosip  rumah tangga dan masih banyak lagi ragam gosip

mereka yang punya tv dan punya uang, membuat acara sarapan gosip. kita hanyalah penonton. menonton geratis di layar tv. itu pun kalau kita punya tv. tapi dengan bakat alami yang dikaruniai Tuhan,  kita bisa meniru  mereka membuat acara gosip. Kadang  rasa gosip kita bahkan bisa bersaing dengan para pemilik acara gosip di tv itu.

tapi apakah  menjadi maniak gosip alias  pehobi gosip itu hal yang tercela? untuk menjawab "ya" atau "tidak", mari kita harus kompromi dulu kawan. kita harus duduk bersama  untuk berembuk guna  menyepakati jawabannya. (**)

0 komentar:

Posting Komentar